Tentang Pemograman WEB , HTML , HOSTING , DOMAIN , SUBDOMAIN , BLOGSPOT , Plugin BLOGSPOT

Tentang Subdomain

Subdomain
Subdomain biasa dinotasikan dengan titik di depan nama domain utama. Misalnya: bgos.sinunk.web.id; Cara membuat subdomain biasanya dilakukan dengan kontrol panel dari hosting masing-masing. Misalnya cPanel atau Spanel. Subdomain yang saya contohkan tadi (bgos.sinunk.web.id) akan dianggap sebagai alamat tersendiri sebagai fourth level domain. 
ID = Top Level Domain Indonesia (selevel dengan .com, .net, .edu, dll)
WEB = Second Level Domain (selevel dengan .ac.id, .co.id, dll)
… dst
Ilustrasi mudahnya, ketika membuat subdomain, ibarat membuat satu bangunan rumah dengan dibagi menjadi beberapa petak. Masing-masing petak (subdomain) mempunyai nomor rumah sendiri, pintu keluar masuk sendiri, dan kalau dikontrakkan bisa diberi meteran listrik tersendiri. Kalau menggunakan istilah BPS (Badan Pusat Statistik), beberapa subdomain = satu bangunan fisik dengan beberapa bangunan sensus. Sebab, masing-masing subdomain akan dialokasikan document root tersendiri untuk menyimpan file-file websitenya.
Kapan Sebaiknya Menggunakan Subdomain?
Sebenarnya tidak ada larangan atau aturan kapan sebaiknya menggunakan subdomain atau subdirektori. Bisa saja saya gunakan untuk keperluan biar namanya bagus saja. Contoh: sinung.nugroho.net; Namun disarankan menggunakan subdomain untuk memisahkan aspek/produk yang benar-benar berbeda. Contoh:
Google Maps (maps.google.com) dan Gmail (mail.google.com) adalah produk yang berbeda.
Kantor Pusat (bps.go.id) dan Kantor Cabang (sulsel.bps.go.id)
Kenapa? Karena search engine/traffic engine (Google, Bing, Alexa) akan memisahkan indeks masing-masing subdomain. Kalau kamu peduli sama SEO, sebaiknya tidak menggunakan subdomain jika ingin membangun ranking indeks untuk satu website. Kecuali konten kamu sudah ribuan halaman, pembuatan subdomain bisa digunakan untuk memberikan linkback ke domain utama. Tapi ya, kalau menurut saya, SEO itu yang paling penting adalah konten yang berkualitas. :lol:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar